Niat Doa Mandi Nifas Berbahasa Arab dan Latin Lengkap dengan Artinya

458

Kutipan.Net – Nifas atau Darah Nifas merupakan darah yang timbul akibat dari melahirkan serta setelahnya. Darah nifas berasal dari rahim seorang perempuan. Umumnya darah nifas keluar selama kurang lebih 40 hari pasca proses persalinan. Ketika berada pada masa nifas ini, seorang wanita tidak diperbolehkan untuk sembahyang, berpuasa, dan/atau berhubungan intim bersama suami.

Melihat definisi di atas, maka nifas wajib disucikan dengan mandi. Mandi setelah Nifas adalah wajib hukumnya bagi setiap perempuan. Tata cara mandi nifas atau mensucikan diri ini sama saja seperti mandi junub atau mandi wajib, yakni meratakan basahan air dari rambut ke kaki (seluruh tubuh) akan tetapi dengan niat yang berbeda untuk mandi nifas.

Dan juga, saat mandi nifas, disarankan untuk memakai sabun sebagai media pembersih. Jika rambut Anda panjang dan biasa digulung, sebaiknya dilepas gulungannya agar air bisa masuk. Hal ini terdapat pada hadis Aisyah ra, yang memberikan pertanyaan kepada Nabi Muhammad ﷺ terkait mandi wanita haid/nifas. Dia menjelaskan:

“Kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu wudhu dengan sempurna. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya, lalu menggosok-gosoknya agak keras hingga mencapai akar rambut kepalanya. Kemudian menyiramkan air pada kepalanya. Kemudian engkau mengambil kapas bermisik, lalu bersuci dengannya.”
(HR. Bukhari no. 314 & Muslim no. 332)

Hadits tersebut menggambarkan jika mandi nifas belum cukup jika hanya dengan mengalirkan air ke rambut selayaknya mandi wajib (junub). Akan tetapi, harus ditambah dengan digosok sampai akar rambut seperti halnya Anda sedang berkeramas dengan shampoo.

Doa dan Niat Mandi Nifas

Niat Mandi Wajib Nifas

Di bawah ini adalah lafadz doa atau niat untuk mandi wajib bagi yang sedang dalam masa nifas:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ النِّفَاسِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF’I KHADATSIN NIFAASI LILLAAHI TA’AALA

Artinya:
Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats nifas karena Allah Ta’ala

Demikianlah Niat Doa Mandi Nifas Berbahasa Arab dan Latin Lengkap dengan Artinya. Semoga bisa dipahami serta dihafal di luar kepala. Jika darah nifas ini sudah berhenti keluar, maka bersegeralah bersuci diri dengan mandi wajib nifas dengan doa dan niat seperti di atas.

Jika ada kekeliruan bahasa atau tulisan, mohon kami dikoreksi. Terimakasih

SHARE