Kiat Sukses Usaha Jual Kosmetik Branded Original

434

Penampilan adalah salah satu hal utama bagi kebanyakan perempuan. Setiap perempuan tentu selalu ingin tampil cantik, menarik, bersih dan rapi. Sehingga menjadikan kebutuhan akan kosmetik menjadi meningkat. Oleh karena itu bisnis jual kosmetik merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan sebab pangsa pasarnya cukup luas. Konsumen dari perlengkapan kecantikan atau kosmetik ini biasanya remaja wanita, wanita dewasa hingga ibu-ibu. Anda bisa mencoba peruntungan dengan jual kosmetik branded original berbagai jenis melalui online atau offline maupun keduanya. Namun ada beberapa kiat agar usaha jual kosmetik bermerk bisa sukses:

Usaha Jual Kosmetik Branded Original

  1. Tempat pemasaran yang tepat.
    Baik online maupun offline, sebenarnya peluang keduanya sama-sama cukup baik hanya saja tergantung pada ketelatenan kita. Pikirkanlah tempat-tempat yang tepat untuk dapat membuka toko kosmetik, misalkan di dekat pasar atau di pusat perbelanjaan yang merupakan tempat-tempat yang lazim didatangi oleh wanita. Bisa juga dengan membuka toko di dekat butik, salon kecantikan bahkan di dekat kampus. Keuntungannya membuka toko kosmetik yang konvensional, Anda bisa sekaligus mengelola toko online, sehingga keuntungan dapat berlipat ganda. Apabila belum bisa membuka toko konvensional, Anda masih bisa mencoba berjualan secara online dengan memanfaatkan berbagai media sosial.
  1. Kosmetik yang dijual harus resmi.
    Meski labelnya adalah jual kosmetik branded original, namun jika kosmetik yang dijual atau dipasarkan bukanlah kosmetik asli atau bahkan palsu maka konsumen tentu akan merasa sangat terugikan. BPOM pada tahun 2006 menemukan ribuan produk palsu dari brand-brand kosmetik dan perawatan tubuh yang terkenal sehingga hal-hal semacam ini yang membuat konsumen menjadi lebih berhati-hati. Pasoklah stock kosmetik dari distributor yang sudah terpercaya. Yang terpenting, jangan tergiur harga yang murah untuk produk-produk tiruan atau palsu.
  1. Kualitas barang terjamin.
    Kualitas barang ini bisa berarti brand-brand kosmetik pilihan, bisa juga berarti kualitas barang yang tersedia. Yang sangat berkaitan dengan penyimpanan stok. Meski kedengarannya sepele, kemasan kosmetik bisa menjadi penentu percaya atau tidaknya konsumen. Sebab tidak sedikit konsumen yang mengeluh mengenai masalah seputar packing yang kurang rapi, kemasan dus/kertas yang sobek atau pecah dan lain sebagainya yang merupakan faktor human error. Oleh sebab itu selalu perhatikan kualitas barang yang Anda akan jual atau kirim kepada konsumen Anda.
  1. Beri ciri khas pada toko Anda.
    Jual kosmetik branded original meski masih sangat potensial di pasarnya, namun tetap saja jika Anda tidak memberi sesuatu yang menjadi ciri khas dari toko Anda, maka tidak menutup kemungkinan jika toko Anda akan timbul-tenggelam. Berilah ciri khas yang menarik dari toko Anda, misalkan plastik atau kantong belanja yang khas, promo atau diskon pada periode-periode tertentu, buatkan katalog, atau sediakan juga tips-tips khusus seputar kecantikan setiap kali konsumen mengunjungi blog Anda.
SHARE