Ternyata ini Penyebab Samsung Galaxy Note 7 Meledak!

323

Kutipan.net – Senin, 23 Januari 2017 Samsung mengadakan jumpa pers dengan maksud menyampaikan apa yang sebenarnya menjadi penyebab Samsung Galaxy Note 7 meledak. Hasil uji coba terhadap ratusan ribu baterai dan puluhan ribu perangkat Note 7 memperlihatkan bahwa baterai lithium-ion yang cacat lah yang menjadi penyebabnya; bukan karena hardware atau software yang ada pada gadget.

Penyebab Samsung Galaxy Note7 Meledak

Samsung melakukan investigasi independen dan secara internal kemudian menyimpulkan jika baterai lah yang menjadi dalang dari salah satu skandal teknologi paling besar itu.

“Kami benar-benar minta maaf atas kerisauan & ketidaknyamanan para konsumen,”
kata Koh Dong-jin, pemimpin bisnis Samsung Mobile.

Pihak Samsung juga memberikan janji tidak akan ada lagi masalah sejenis di kemudian hari, termasuk pada seri Samsung Galaxy Note 8 yang nanti akan dirilis.

Pihaknya memiliki tanggungjawab penuh atas kesalahan yang terjadi dengan melakukan identifikasi serta memberikan verifikasi terhadap permasalahan yang timbul pada proses atau produksi baterai dan desain. Samsung sudah menentukan langkah kongkret agar problema ini tidak terulang kembali,” lanjut Samsung.

Seperti diketahui, akhir tahun 2016 yang lalu, Samsung melakukan recall hampir 2,5juta unit Note 7 yang sudah terjual. Alasannya, Note 7 mudah sekali panas dan pada beberapa kasus malah seperti meledak (terbakar).

Jadi, kesimpulan investigasi dari Samsung menunjukan bahwa ada kekeliruan pada struktur bagian dalam baterai Note 7. Misalnya ada sudut yang terhimpit yang berakibat lapisan yang mengandung elektroda negatif ke luar. Ini permasalahan pada penarikan yang pertama. Setelah dilakukan pengantian baterai dengan perusahaan yang berbeda, permasalahan kembali muncul karena komponen yang sangat tipis dalam memisahkan elektroda positif dan elektroda negatif. inilah yang membuat Note 7 dihentikan penjualannya setelah dilakukan pengantian produk.

SHARE