Cara Benar Mencuci Baju Bayi dengan Deterjen

198

Tips Cara Mencuci Baju Bayi

Buat para mama dan bunda, apakah sudah tahu bagaimana cara benar untuk mencuci pakaian bayi? Ini tentu informasi yang dibutuhkan buat para orangtua yang baru memiliki bayi pertama.

Yang perlu menjadi perhatian orangtua adalah baju bayi ini bukan sekadar bersih, tapi juga deterjen yang digunakan itu harus aman untuk bayi. Oleh karena itu, sebaiknya bunda tidak memilih deterjen biasa, tapi gunakan deterjen khusus baju bayi.

Mengapa ini penting? Karena deterjen baju bayi itu memang diformulasikan khusus untuk pakaian bayi. Jadi kandungannya berbeda dengan deterjen pada umumnya. Deterjen bayi itu menggunakan bahan yang aman sehingga nantinya tidak membuat kulit bayi mengalami iritasi.

Kalau sebelumnya mungkin bunda mengalami pengalaman buruk dengan si kecil misalnya kulit bayi suka mengalami iritasi atau masalah kulit, mungkin bisa jadi penyebabnya adalah karena penggunaan deterjen yang tidak tepat. Sebab pada deterjen biasa itu memiliki kandungan yang “keras” yang tidak sesuai untuk bayi.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih deterjen khusus pakaian bayi seperti misalnya merek Sleek Baby. Produk ini sudah dikenal di kalangan ibu-ibu sebagai produk terbaik utnuk membersihkan pakaian si kecil. Harga produk Sleek Baby ini pun hemat.

Selain itu, sebaiknya bunda juga menghindari deterjen yang mengandung pewarna maupun pewangi. Sebab dikhawatirkan nantinya dapat menyebabkan alergi pada kulit bayi. Biasanya deterjen yang menggunakan pewangi itu adalah untuk deterjen biasa. Tapi kalau deterjen khusus baju bayi biasanya tidak memakai kandungan tersebut.

Lalu sangat baik jika bunda mencuci pakaian bayi ini secara terpisah. Jadi sebaiknya tidak dicampur dengan pakaian kotor dari anggota keluarga lainnya. Tujuannya agar kemungkinan terjadinya perpindahan bakteri yang menempel dari satu baju ke baju lainnya bisa dihindari. So, dengan memisah baju saat mencuci pakaian ini, bunda pun tak perlu was-was lagi.

Lalu, sebaiknya juga bunda selalu memastikan kebersihan pakaian bayi sehabis mencuci. Terkadang memang mesin cuci kurang begitu bersih. Apalagi kalau noda atau kotoran yang menempel begitu kuat. Bunda mungkin perlu mencucinya secara langsung dengan tangan.

Ya, begitulah cara dan panduan tepat untuk mencuci pakaian bayi. Silahkan dicoba di rumah dan pastikan untuk selalu menggunakan deterjen khusus baju bayi agar aman bagi si kecil.

SHARE