Konon Mahluk Bumi Ini Bisa Hidup di Planet Mars

962

Kutipan.net – Saat kemungkinan manusia untuk bisa bertahan hidup di planet Mars terus-menerus menjadi pertanyaan, beberapa ilmuwan mengklaim jika ada golongan mikro organisme tertentu yang mampu hidup dan bertahan di Mars.

Mahluk mikro ini bernama Metanogen. Hal ini sesuai dengan kajian terkini dari para pakar Astrobiology di University of Arkansas (www.uark.edu) bahwa Metanogen mampu hidup di alam yang “keras” seperti planet Mars.

Kesimpulan pemaparan tersebut didapat dari hasil percobaan para pakar selama kurang lebih 1 tahun. Penelitian ini turut menambah daftar peluang untuk menemukan adanya kemungkinan kehidupan di Mars.

Ilustrasi Planet Mars

Metanogen adalah mikro organisme yang sering ditemukan pada usus hewan ternak seperti sapi. Seperti namanya, Metanogen mampu memproduksi gas Metana yang kemampuan hidupnya tergantung pada proses photosynthesis dan oksigen.

Oleh sebab itu, para ilmuwan menyimpulkan bahwa Metanogen mampu bertahan dan hidup di planet merah dengan kondisi jika mikroorganisme ini diletakkan di bawah tanah untuk melindungi dari sinar UV (ultraviolet).

Sebelumnya, para ilmuan dan peneliti tersebut telah mempublikasikan jurnal studi yang berjudul Origins of Life and Evolution of Biosphere.

Pada berbagai macam percobaan, mikroba metanogen dibiarkan berkembang pada tabung ujicoba dengan cairan yang dibuat semirip mungkin dengan yang ada di bawah permukaan di planet Mars.

Tabung tersebut juga dibuat bertekanan udara/atmosfer yang kurang lebih sama dengan di Mars. Metanogen juga dikondisikan tahan suhu dingin ekstrim yang jika malam menjelang, akan terjadi di planet keempat dalam sistem tata surya kita.

Setelah ujicoba berumur satu tahun, hasilnya cukup positif. Tercatat 4 jenis Metanogen yang mampu bertahan dan hidup 3-21 hari pada kondisi yang diatur sedemikian rupa untuk menyerupai planet Mars.

Penelitian uji coba ini dilakukan juga untuk memberikan bukti bahwa kemungkinan adanya kehidupan di Mars, entah dalam bentuk mikroba atau bakteria yang sangat kecil.

SHARE