3 Jenis Produk dalam Membangun Bisnis Berbasis IoT

422

Ketika Anda mempunyai bisnis maka salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah dapat untuk mengikuti perkembangan dunia sehingga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis yang Anda punyai. Hal ini penting sehingga bisnis akan dapat berkembang dan bukan tenggelam karena tidak mengikuti perubahan yang terjadi di dunia. Seperti misalnya salah satu hal yang dapat dilihat adalah mengenai perkembangan pesat teknologi yang hal tersebut juga berpengaruh pada bisnis. Salah satunya adalah bisnis yang menggunakan internet of things atau IoT. Di era Industri 4.0 bisnis yang menggunakan perangkat internet digunakan karena mempunyai banyak keunggulan yang bisa didapatkan oleh pemilik usaha.

iot communication

Dengan terhubung perangkat internet tersebut akan membuat bisnis lebih teroptimasi, terkendali, dapat mengambil keputusan dari grafik yang dipunyai, dan juga dapat untuk membantu bisnis lebih hemat. Bisnis bisa memilih jaringan yang lancar ketika memilih jaringan untuk internet of things seperti dari Telkomsel IoT. Jaringan tersebut menawarkan banyak hal seperti dapat digunakan untuk berbagai bisnis, layanan yang optimal, dan juga berbagai keunggulan lainnya yang bisa didapatkan. IoT dapat digunakan untuk tiga model bisnis sehingga akan membuat bisnis tersebut mempunyai keuntungan yang maksimal. Adapun untuk tiga jenis produk yang dapat memanfaatkan IoT adalah sebagai berikut ini:

  1. Produk tanpa integrasi jasa
    Produk pertama yang dapat dimanfaatkan dengan internet of things adalah untuk produk tanpa integrasi jasa. Dengan menggunakan internet pada perusahaan yang dimiliki akan dapat mempunyai berbagai manfaat bagi produsen seperti dapat untuk mengukur suhu kantor, kelembaban, tekanan udara, dan juga dapat untuk mengoptimalkan penggunaan listrik pada perusahaan. Selain itu IoT juga dapat untuk membantu untuk mengumpulkan data operasional mesin secara real time. Terakhir IoT juga dapat untuk melakukan pengawasan pada proses produksi, pelacakan kinerja, dan hal lainnya sehingga akan menguntungkan untuk perusahaan.
  2. Produk dengan integrasi jasa
    Internet of Things juga akan berguna untuk jenis produk dengan integrasi jasa. Internet of Things akan dapat membantu untuk mengoptimalkan pekerja karena dapat untuk menggunakan mesin dengan lebih maksimal. Sehingga hal tersebut juga akan dapat untuk memberitahu nomor model dan juga konfigurasi dari mesin dan sensor yang ada di dalamnya. Hal tersebut akan dapat untuk membantu untuk mempunyai margin lebih tinggi dan tentunya akan lebih menguntungkan.
  3. Produk sebagai jasa
    Penggunaan bisnis Internet of Things terakhir adalah dapat untuk digunakan pada produk sebagai jasa. Hal tersebut karena banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dengan adanya fenomena produk sebagai jasa tersebut juga dapat untuk mengoptimalkannya dengan baik dengan bantuan perangkat jaringan internet of things untuk usaha dari Telkomsel yang memberikan manfaat terbaik.
SHARE