Lakukan Hal Ini untuk Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Caesar

76

Untuk beberapa kasus persalinan, ada yang dianjurkan untuk tidak dilakukan secara normal. Alhasil melahirkan buah hati dengan cara operasi caesar menjadi salah satu langkah yang harus diambil. Operasi caesar umumnya akan menimbulkan rasa sakit setelahnya. Bahkan untuk melakukan gerakan kecil sedikitpun akan terasa sakit, seperti bergeser dari tempat tidur, batuk, tertawa, dlsb. Proses penyembuhan persalinan dengan cara operasi caesar juga akan lebih lama dibandingkan dengan persalinan normal. Dimana bisa berlangsung selama 6 bulan rasa nyeri pada lukanya.

Pemulihan Pasca Operasi Caesar

Bagi bunda yang baru saja melakukan persalinan dengan cara operasi caesar, tentu perlu bersabar menunggu luka bekas operasi bisa pulih dengan sempurna. Untuk mempercepat proses pemulihan, bunda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

  1. Menggerakkan kaki dan berjalan-jalan ringan.
    Meskipun rasa sakit membuat Anda urung untuk bergerak, namun kuatkan fisik Anda dan mulai melakukan gerakan ringan, bisa dengan menggerakkan kaki atau berjalan-jalan ringan. Bergerak akan membantu untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan perlahan-lahan memulihkan kondisi tubuh.
  2. Merawat luka bekas sayatan operasi.
    Adapun perawatan yang bisa dilakukan, seperti mengganti perban setiap hari, memastikan tangan dalam kondisi bersih saat merawat luka, membersihkan luka setiap hari dengan air hangat (hindari penggunaan produk pembersih tubuh yang dengan kandungan hidrogen periksoda yang akan memperlambat penyembuhan), tidak menggunakan bedak atau lotion di bagian luka, menghindari berhubungan seksual selam 4-6 minggu, dlsb.
  3. Mencukupkan waktu beristirahat.
    Setiap bayi Anda beristirahat, maka pergunakan waktu untuk beristirahat pula agar luka cepat pulih. Upayakan sehari tidur 7-8 jam, terutama pada malam hari untuk mendukung proses penyembuhan luka.
  4. Mengenali beberapa tanda berbahaya yang mungkin saja bisa terjadi.
    Jika terjadi tanda-tanda infeksi, seperti demam, luka membengkak, kemerah-merahan, mengeluarkan nanah, terasa sakit saat digunakan untuk buang air kecil, terjadi pendarahan hebat, atau keluar cairan tidak sedap maka segera bawa ke dokter.

Pasca menjalani operasi caesar, bagian perut akan meninggalkan bekas luka sayatan. Bagi beberapa wanita hal ini tak jarang membuat minder dengan penampilan barunya. Namun bunda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak obat luka operasi yang digunakan untuk menyamarkan bekas luka. Obat dengan khasiat ini umumnya cukup mahal, namun mampu mengembalikan tampilan kulit agar terlihat tidak memiliki bekas luka.

SHARE