Mengukur ROI (Return on Investment) Campaign Influencer Marketing

190
Coba SOSIAGO Influencer Marketing
Kutipan.Net – Ukur Seberapa Efektif Campaign Influencer Marketing Anda

Apakah kampanye (Campaign) Influencer Marketing Anda benar-benar menguntungkan dan membantu Anda mencapai tujuan Anda? Meskipun akan terdengar bagus jika Anda mengatakan “saya sudah bekerjasama dengan para influencer”, namun itu tidak terlalu berarti jika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda rencanakan.

Jika di tahun 2018 ini Anda masih belum secara optimal menentukan ROI atas kampanye influencer marketing Anda, maka jadikan tahun 2019 nanti Anda dan tim berkomitmen untuk bisa dan mampu melacak kampanye pemasaran influencer Anda. Meskipun ada nilai non-moneter ketika bekerja dengan influencer tapi, jangan salah Anda sebenarnya bisa melacak berapa banyak influencer yang mendatangkan pemasukan ataupun keuntungan dari campaign yang Anda buat.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ada alat yang akan membantu Anda melalui proses ini. Tetapi salah satu cara paling dasar untuk setidaknya memulai adalah dengan menggunakan parameter UTM. Tetapkan parameter khusus untuk influencer Anda sehingga Anda dapat melacak tindakan setiap pengunjung dari para influencer saat berkunjung ke situs Anda atau melalui call-action-button.

Jika Anda tidak ingin terlalu ribet, Anda bisa Coba SOSIAGO Influencer Marketing yang memiliki beragam fitur dalam memonitoring campaign marketing Anda di media internet (blog, instagram, twitter hingga youtube).

Pilihan lain, tergantung pada tujuan Anda, adalah memberi influencer kode promo unik untuk dibagikan dengan audiens mereka. Dengan cara itu, setiap kali pelanggan menggunakan kode khusus, Anda dapat langsung menghubungkan pendapatan dengan influencer tersebut.

Jika Anda melakukan lebih banyak permainan tentang “awareness“, Anda dapat menggunakan alat influencer marketing untuk mengukur seberapa besar pengaruh influencer mengarahkan secara lebih spesifik ke merek Anda melalui branded hashtag.

Dengan melacak hashtag mereka, Anda dapat mengukur pengaruh influencer terhadap kampanye dan membandingkannya.

Selebihnya, tinggal kreativitas tim pemasaran online Anda bagaimana mengamati dan menganalisa agar uang yang Anda keluarkan untuk para influencer sebanding dengan tujuan yang ingin dicapai dari produk atau merek perusahaan Anda.

Jadi, jika ada anggapan bahwa kanal influencer marketing ini lebih murah dan lebih tepat sasaran dibanding Adwords, PR Agency, dan lainnya, tidak sepenuhnya keliru. Hanya saja, Anda wajib memonitoring setiap kampanye marketing yang Anda berikan ke para influencer. Silakan Coba SOSIAGO Influencer Marketing karena mereka sudah menyiapkan tool-tool yang diperlukan untuk memantau setiap campaign yang Advertiser buat 😉

SHARE