Rutin Berolahraga Kurangi Dismenore Saat Menstruasi

29

Mengalami sakit perut saat haid bagi wanita bukan hal baru yang menyebalkan. Sakit perut ini bisa muncul kapan pun, secara tiba-tiba. Sebagian wanita mengalami sakit perut secara rutin saat haid, bisa sebelum atau sesudah haid. Wanita bisa mengalami sakit perut atau keram saat haid pada bagain perut bawah atau bagian pinggul. Rasa sakit pun mulai dari yang biasa sampai sakit sekali. Sakit ini biasanya dialami di tahun pertama sampai kedua seorang wanita mendapatkan haid pertamanya. Semakin bertambahnya umur, kebanyakan rasa sakit akan berkurang atau bahkan berhenti ketika bayi pertama lahir. Namun, kebanyakan dari wanita yang mengalami sakit perut saat haid apakah berbahaya jika rasa sakit yang dirasakan tidak biasa?

Pertama, harus diketahui dahulu bahwa rasa nyeri perut saat haid ini dinamakan Dismenore. Gejala-gejala yang biasanya diketahui dengan mudah adalah rasa nyeri di bagian perut yang terkadang terasa sangat sakit, rasa tertekan di bagian perut, nyeri pada bagian pinggul, punggung bagian bawah, dan paha pada bagian dalam. Saat keram parah, bisa menimbulkan muntah atau rasa sakit yang berlebih.

Cara mengatasi dismenore terbilang tidak rumit. Jika kram yang dialami adalah kram menstruasi ringan, bisa diatasi dengan meminum aspirin atau pereda nyeri lainya, seperti acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen. Akan lebih baik jika meminum obat pereda ketika terjadinya haid atau ketika kram dirasa akan muncul.

Cara lain tanpa obat adalah dengan menggunakan kompres hangat. Bisa dengan meletakan bantal pemanas atau botol air panas di bagian punggung bawah atau perut. Mandi air hangat juga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang dirasa. Istirahatlah jika memungkinkan. Hindari makanan yang mengandung kafein dan garam, tidak menggunakan tembakau atau meminum alcohol. Sesekali pijatlah punggung pada bagian bawah dan perut.

Wanita yang berolahraga secara teratur seringkali memiliki nyeri haid yang lebih sedikit dibanding mereka yang jarang berolahraga. Sebaiknya jadikan olahraga sebagian dari rutinitas mingguan untuk mengurangi rasa sakit atau kram.

SHARE