Suka Nonton Pertunjukan Barongsai? Yuk Ketahui Sejarahnya Berikut Ini!

433

Saat hari raya Imlek datang, pasti pertunjukan Barongsai menjadi salah satu yang ditunggu baik oleh masyarakat keturunan Tionghoa maupun yang bukan. Atraksi Barongsai selalu membuat semarak Imlek karena menampilkan musik dan atraksi yang mendebarkan. Barongsai biasanya tampil bersama dengan Liong atau naga, namun ada kalanya juga Barongsai tampil sendirian. Bagi Anda penggemar Barongsai, sudah tahukah mengenai sejarah adanya atraksi ini? Jika belum, berikut ini adalah sejarah dan fakta unik Barongsai untuk Anda.

barongsai

Barongsai sendiri merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa untuk mengusir roh jahat yang dipercaya lebih sering datang saat tahun baru China. Selain menggunakan tarian Barongsai, juga ada lampion merah dan pernak-pernik berwarna merah lainnya untuk menjaga manusia. Namun tahukah Anda jika nama Barongsai sebenarnya bukan nama sesungguhnya dari tradisi ini? Di Tiongkok, atraksi tarian ini dinamai Wu Shi atau Lion Dance. Nama Barongsai hanya ada di Indonesia yang diambil dari kata Barong yaitu kesenian di Bali dengan menari bersama boneka barong dan Sai yang berarti naga di kosakata China.

Sedangkan beberapa fakta yang unik dari Barongsai antara lain:

  • Barongsai merupakan lambang dari 5 unsur yang semuanya ada di masing-masing bagian tubuhnya.
  • Warna-warna Barongsai juga memiliki makna, misalnya kuning untuk bumi, hitam untuk udara, hijau untuk kayu, merah untuk api dan putih untuk loga.
  • Berat kepala Barongsai bisa mencapai 25 kg sehingga hanya mereka yang terlatih saja bisa menari dan beratraksi dengan Barongsai ini.
  • Selain tarian, Barongsai juga memiliki musik yang dimainkan menggunakan drum, simbal dan gong.

Meski bukan tradisi asli Indonesia, namun Barongsai sudah menjadi kebudayaan yang berkembang di tanah air sehingga harus ikut dilestarikan. Sekarang ini juga sudah banyak kursus untuk menari Barongsai bagi semua masyarakat. Selain fakta mengenai Barongsai, Imlek sendiri juga merupakan perayaan yang penuh makna dimana Anda bisa mengetahui makna perayaan Imlek dan kebudayaan lainnya di blog EF Adults yang menyajikan berbagai informasi menarik untuk menambah wawasan Anda.

SHARE