Aneka Tips Merawat Genset Agar Lebih Tahan Lama

723

www.kutipan.net – Memiliki genset sendiri tandanya juga harus merawatnya dengan tepat. Merawat genset ini sebenarnya tidak terlalu memusingkan. Anda hanya perlu perhatian dan disiplin untuk menjaga agar mesin listrik ini lebih tahan lama dan bekerja secara optimal.

Tips Mudah Merawat Genset

Beberapa cara perawatan genset pun sudah kami rangkum untuk Anda. Apa saja? Simak berikut ini.

Jaga kebersihan genset
Genset harus rutin dibersihkan agar tidak ada kotoran yang menumpuk di dalamnya. Karena jika banyak kotoran menumpuk hingga berkerak, genset pun akan rusak.

Matikan genset jika ada yang janggal
Saat Anda sedang mengoperasikan genset dan terjadi hal yang tidak wajar, sebaiknya matikan mesinnya segera. Cek ulang genset dalam kondisi mati.

Hidupkan/panaskan genset walau tidak akan digunakan
Walau tidak akan digunakan, memanaskan genset itu penting. Karena jika tidak dipanaskan, genset akan sulit distarter. Hal itu disebabkan karena mesin yang dilumasi oli dengan baik. Jadi supaya genset bisa bekerja dengan baik, panaskanlah secara berkala. Sebaiknya panaskan setiap tiga hari sekali selama 5-10 menit.

Letakkan genset di lokasi yang kering
Karena genset menghasilkan daya listrik yang tinggi, maka letakanlah di tempat yang kering dan jauh dari sumber air. Karena jika ada genangan air, dikhawatirkan muncul sengatan listrik karena air merupakan konduktor yang baik. Taruh pondasi seperti kayu untuk mencegah genset terkena air.

Operasikan genset dengan benar
Saat akan menggunakan genset, pastikan Anda paham cara mengoperasikannya. Anda dapat membaca buku panduannya atau jika menyewa, tanyakan pada vendor bagaimana cara mengoperasikannya.

Gantilah spare part yang sudah aus
Spare part seperti layaknya tubuh manusia, akan lekang oleh waktu sesuai dengan penggunaannya. Jika ada spare part yang sudah aus atau tidak layak, segera ganti dengan yang baru. Spare part yang aus akan memengaruhi komponen lain dan bisa menyebabkan kerusakan permanen.

Pastikan ketersediaan solar selalu ada
Jangan biarkan solar dalam keadaan menipis atau kosong sama sekali. Hal ini akan merusak genset. Jadi jika sudah berkurang, isi segera sebelum habis sama sekali.

SHARE